Breaking News

Minggu, 07 Mei 2017

Alat Komunikasi Tradisional Dan Modern



Kata komunikasi sudah tidak asing lagi kita dengar. Hampir setiap saat kita mendengar kata komunikasi. Setiap manusia pasti berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dan juga dengan sesama manusia. Komunikasi membutuhkan alat dan media. 
 
Kita ketahui bersama bahwa ssat ini beraneka raga alat komunikasi yang bisa kita gunakan dan harganyapun terjangkau, beda dengan zaman dahulu. Nah, untuk alat komunikasi dibedakan menjadi 2 yaitu :


A.  Alat komunikasi tradisional
 
Sejak zaman dahulu manusia sudah terbiasa berkomunikasi meskipun dengan menggunakan alat komunikasi tradisional, belum secanggih alat – alat komunikasi di zaman ini. Yang termasuk alat komunikasi tradisional adalah kenthongan, telephon kaleng, lonceng, merpati pos, surat, terompet, asap, prasasti, telegraf, peluit dan masih banyak yang lainnya.




Beberapa keunggulan alat komunikasi tradisonal adalah :
1.      Mudah di dapat
2.      Murah
3.      Mudah digunakan
 
Beberapa kelemahan menggunakan alat komunikasi tradisional adalah :
 
1.      Membutuhkan waktu lama
2.      Jangkauan penerima terbatas
3.      Pesan akan sampai lama.
 
B.      Alat komunikasi modern
 
Alat komunikasi modern merupakan alat komunikasi yang digunakan pada zaman maju seperti saat ini. Banyak alak komunikasi modern yang bisa kita gunakan yaitu : Telepon, handphone, televisi,koran, LCD Proyektor, faksimile, radio, computer, internet, microphon, radar, modem dan masih banyak lannya. 





 
 
Beberapa keunggulan alat komunikasi tradisonal adalah :
1.      Pesan Cepat sampai
2.      Menghemat waktu dan tenaga
3.      Jangkauan penggunaan alat sangat luas
4.      Menggunakan teknologi modern sesuai perkembangan zaman
 
Beberapa kelemahan menggunakan alat komunikasi modern adalah :
 
1.      Membutuhkan biaya mahal
2.      Tidak semua orang bisa menggunakan
 
Jadi dapat disimpulkan bahwa seiring dengan perkembangan zaman dengan pesatnya perkembangan tekhnologi, maka alat komunikasi juga mengalami perkembangan semual model tradisional saat ini sudah lebih maju dan juga mudah dijangkau. Akan tetapi setiap media itu mempunyai kelebihan dan kelemahan. Hanya tinggal kita manusia harus pandai – pandai dalam memanfaatkan dan menggunakan alat tersebut sesuai dengan fungsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by BeGeEm